Sabtu, 12 April 2008

Cara Menghemat Waktu

Cara Menghemat Waktu

1. Datang kerja tepat waktu:

Walaupun anda datang kerja sedikit terlambat, tapi kegiatan lalu menyalakan komputer anda, mencari minum, menyapa teman dan basa-basi lainnya bisa memakan 30 menit atau bahkan lebih waktu anda. Bila inilah penyebab waktu kerja anda terbuang, biasakan datang lebih pagi.

2. Tentukan prioritas kerja anda setiap harinya:

Sediakan beberapa menit di pagi hari sebelum bekerja untuk menentukan hal-hal apa saja yang harus anda selesaikan hari itu. Ada saat dimana anda tak dapat memegang teguh daftar prioritas tersebut, tapi daftar tersebut tetap menjadi pegangan yang penting. Fleksibilitas memang penting sehingga bila ada pekerjaan mendadak yang penting, segera atur kembali daftar prioritas anda.

3. Jangan menunda-nunda pekerjaan:

Perhatikan daftar prioritas tugas anda. Bila ada tugas yang sama yang muncul dari hari ke hari segera tanyakan mengapa tugas tersebut tidak selesai? Menunda pekerjaan adalah pemborosan waktu. Mungkin anda bisa mencoba sekali waktu dalam seminggu mengerjakan tugas anda dari prioritas terendah dahulu. Atau pindahkan suatu tugas yang mulanya anda taruh pada prioritas rendah ke prioritas yang lebih tinggi.

4. Jagalah waktu anda dalam bertelepon:

Komunikasi telepon seringkali mengganggu pelaksanaan tugas kita. Bila anda sedang mengerjakan pekerjaan penting, matikan pesawat telepon anda, mintalah rekan lain menangani telepon masuk itu dan menuliskan pesannya untuk anda atau terimalah panggilan telepon itu dan bicaralah sesingkat mungkin. Jangan biarkan panggilan telepon mengatur waktu kerja anda.

5. Hindari selalu ingin mendapatkan hasil kerja yang sempurna:

Mencari hal yang sempurna membutuhkan waktu yang lama dan dapat membuang waktu anda. Perhatikan kebiasaan kerja anda; apakah anda sering mengulang suatu pekerjaan/tugas karena anda merasa belum sempurna? Cobalah latih diri anda untuk mendapatkan kepuasan atas hasil kerja anda, walaupun itu mungkin belum sempurna, tapi sudah merupakan hasil terbaik yang dapat anda berikan saat itu.

6. Periksalah berapa lama waktu anda untuk "mengunjungi" rekan kerja anda:

Cobalah catat berapa lama dan berapa kali anda mengunjungi rekan kerja anda dan berbicara untuk hal-hal yang bukan berhubungan dengan pekerjaan. Seringkali hal ini kurang disadari karena dilakukan "sambil lalu" saat mengambil minuman, bertemu dengannya di kamar kecil atau di tempat foto-kopi dsb. Jumlahkan waktu yang anda butuhkan untuk itu dan mungkin anda bisa menghemat banyak waktu kerja anda bila mengurangi "kunjungan" tersebut.

Pada intinya adalah penting bagi anda untuk berusaha menganalisa sedalam mungkin apa saja hal-hal yang membuat anda tidak dapat bekerja dengan efisien. Mungkin cara kerja anda, atau sistem kerja yang anda lakukan, atau kebiasaan-kebiasaan yang boros waktu lainnya. Cobalah pikirkan atau diskusikan dengan rekan lain bagaimana anda dapat menghemat waktu kerja anda.

Economic Press Inc.

Tidak ada komentar: